Tata Cara Publikasi Mahasiswa

Mahasiswa yang sedang mempersiapkan publikasi ilmiah ke terbitan berkala ilmiah seperti jurnal, dianggap penting untuk memperhatikan beberapa langkah di berikut ini:
  1. Menyiapkan tugas akhir atau skripsi yang telah direvisi akhir oleh para pembimbing dan mendapatkan persetujuan baik secara lisan dan tertulis dari pembimbing untuk melanjutkan ke proses penyusunan artikel ilmiah berupa jurnal
  2. Memperhatikan kajian dan isu yang diangkat pada skripsi untuk dijadikan artikel ilmiah (paper) dengan tetap mengkonsultasikan kepada pembimbing 1 dan 2
  3. Memilih salah satu dari daftar terbitan berkala ilmiah yang dikelola oleh prodi dan fakultas sebagai wadah publikasi bagi mahasiswa (lihat tautan ini!)
  4. Mahasiswa harus memiliki akun publikasi akademik yang terdaftar pada https://orcid.org/ sebagai salah satu item yang diperlukan dalam melakukan submission artikel ilmiah. Silakan ikuti workshop pembuatan akun tersebut yang diselenggarakan oleh prodi!
  • Mahasiswa harus membuat profil Google Scholar dengan menggunakan email institusi (silakan mengajukan kepemilikan akun melalui formulir pendaftaran tersedia https://forms.gle/rEGofeFkvkZSEXjM9 ) Silakan ikuti workshop pembuatan akun/profil tersebut yang diselenggarakan oleh prodi!
  • Setelah memilih terbitan yang dituju. Kemudian mahasiswa melakukan registrasi sebagai Author pada jurnal tersebut. Harap memperhatikan item-item yang perlu diisi sebagai berikut:
  1. Given name (nama pemberian orang tua/nama depan)
  2. Family name (nama belakang/nama orang tua), jika tidak ada nama keluarga atau pam yang mengikuti cukup mengisi given name secara lengkap
  3. Affiliation (institusi/nama kampus dengan lengkap Universitas Muhammadiyah Makassar), tidak dituliskan dalam bentuk bahasa Inggris.
  4. Country (pilih nama negara)
  5. Email (email aktif/dianjurkan menggunakan email institusi jika ada), seperti parjo@bg.unismuhmakassar.ac.id, mahoni@unismuh.ac.id , humus@unismuhmakassar.ac.id
  6. Username (pastikan membuat username yang mudah diingat, karena itu akan digunakan hingga penerbitan jurnal)
  7. Password (gunakan password yang isinya terkombinasi dengan angka, huruf, symbol agar kata kunci tersebut strong) dan tentunya mudah diingat.
  8. Repeat password (ulang password tersebut)
Setelah seluruh proses pada tahap persiapan publikasi terpenuhi. Mahasiswa melanjutkan submission atau proses memasukkan artikel ilmiah pada jurnal yang telah dipilih. Tetapi sebelumnya, mahasiswa telah menyiapkan artikelnya dalam bentuk file docs atau rtf. Sangat tidak dianjurkan menyetor dalam bentuk file pdf, image, dan lainnya. Ikuti template dan aturan penyusunan dan penulisan jurnal tersebut.

Mahasiswa wajib menyimpan dengan baik akun publikasi pada jurnal yang telah dibuat, sebab akun tersebut akan terus digunakan hingga pada proses akhir. Kehilangan akun adalah tanggung jawab masing-masing mahasiswa, dan adapun pemulihannya harus dilaporkan melalui email publication@bg.unismuhmakassar.ac.id untuk pelaporan, konsultasi, dan segala yang berkaitan dengan proses publikasi mahasiswa. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Proses login seperti biasa memasukkan username dan password
  2. Silakan memperbaiki profile anda untuk melengkapi informasi di dalamnya. Ingat selalu untuk mengklik save setiap ada perubahan!
  3. Identity
  4. Terdiri atas email, kolom Signature author (singkat padat jelas) Seperti: status studi atau akademik (Undergraduate Students)
  5. Nomor telepon aktif
  6. Nama kampus (Universitas Muhammadiyah Makassar) tidak perlu dialih bahasakan
  7. Mailing Address. Alamat pos
  8. Negara Indonesia
  9. Working Languages. Centang keduanya (Bahasa Indonesia dan English)
  10. Save
  11. Roles. Centang keduanya (Reader and author) jangan memilih Biarkan kolom Reviewing interests kosong!
  12. Public. Silakan memasukkan foto resmi anda dengan kualitas baik berukuran pas foto warna pada profle image dengan cara upload file. Isi kolom bio statement (Program studi, Fakultas). Masukkan juga profil akun/ID Google scholar dengan cara mentautkannya (silakan ikuti pelatihan pemanfaatan Google scholar untuk publikasi mahasiswa). Homepage URL biarkan kosong kemudian Connect Your Orcid ID dengan mengklik dan Sign in untuk menghubungkannya.
  13. Jika merasa perlu melakukan perubahan kata kunci
  14. Pastikan tercentang semua
  15. API Key. Biarkan tidak tercentang (kosong)
  16. Submissions. Klik New submission.

Pada Submit an article, terdiri atas 5 langkah utama yang harus dilalui. Sebagai berikut:

  • Mahasiswa harus mencentang seluruh kotak submission requirements. Kemudian menuliskan komentar pada kolom komentar kepada Editor. Sebagai contoh: “I wish to submit an original research article entitled [title of article] for consideration by [journal name]. I confirm that this work is original and has not been published elsewhere, nor is it currently under consideration for publication elsewhere. I believe that this manuscript is appropriate for publication by [journal name] because it …. [Specific reference to the journal’s aims and scope]. I have no conflicts of interest to disclose. Please address all correspondence concerning this manuscript to me at my account in this OJS. Thank you for your consideration of this manuscript. Sincereley. [your name].

Selanjutnya, klik kotak YES dan save and continue.

  • Upload Submission File. Upload file dengan memilih article component. Pilih Research Result dan silakan upload file! Klik Continue untuk melanjutkan!
  • Review Details. Masukkan deskripsi singkat tentang artikel ilmiah anda. Hampir sama dengan isian pada kolom komentar sebelumnya kepada Lalu, tuliskan nama anda pada Creator (or owner of file), Publisher (tulis: English Education Department), Source (kosongkan), Subject (tulis: English Education), Contributor (tulis: English Education Department), Date (pilih tanggal saat itu), Language (tulis: English). Terakhir, klik complete.
  • Tambahkan lampiran penelitian seperti: hasil pengumpulan data dan analisis pada File Added. Terakhir klik Complete.
  • Enter Metadata. Prefix (jika ada), Title (tulis judul artikel), Subtitle (tulis: anak judul seperti tingkatan satuan pendidikan atau lokasi penelitian jika ada)
  • Anda bisa menuliskan langsung atau menduplikasi abstrak anda ke dalam kolom abstrak dengan tetap memperhatikan kerapian dan kebakuan tata tulis
  • List of Contributor. Menambahkan nama penulis terkait artikel ilmiah yang diajukan (jika ada orang lain yang terlibat sebagai co-author or second author seperti nama pembimbing tanpa gelar) dengan mengklik add contributor.

Lengkapi isian kolomnya antara lain: given name, family name, preferred public name (kosongkan), Contact (wajib tulis email), Country (pilih: Indonesia), homepage URL (kosongkan), Affiliation (tulis: Universitas Muhammadiyah Makassar), Bio statement (tulis: English Education Department, Faculty of Teacher Training and Education).

Contributor’s Role (wajib pilih) dengan memilih sebagai Author saja. Jangan mencentang principal contact for editorial correspondence karena mahasiswa/anda sebagai principal contact.

ORCID: tidak perlu mencentang send e-mail to request ORCID authorization from contributor.

  • Kolom Additional Refinements Keywords cukup dikosongkan saja. Kemudian klik save and continue.
  • Apabila tidak ada lagi data atau informasi yang ingin diperbaiki. Maka silakan mengklik Finish Submission.
  • Submission Complete. Pada bagian ini, proses submission anda telah berhasil dan anda bisa melihat kembali pengajuan dengan mengklik Review this submission untuk melihat workflow (proses yang akan berjalan kedepannya). Anda diminta untuk aktif untuk mengecek workflow tersebut dari review, copyediting hingga pada production.

Other Services