Tracer Study 2018-2019

Jumlah Lulusan
0
Lulusan Terlacak
0

Pada Gambar di atas ini menunjukkan waktu tunggu lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris untuk mendapatkan pekerjaan. Hasil tracer study menunjukkan bahwa sebagian besar 84 Lulusan lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mendapatkan pekerjaan dalam waktu kurang dari 3 bulan. Hal ini mengindikasikan bahwa lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki kualitas unggul dan memiliki daya serap tinggi.

Kesesuaian Bidang Kerja

Hasil tracer study tentang tingkat kesesuaian bidang kerja lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Mayoritas lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menyatakan bahwa bidang pekerjaan mereka memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi (50,4%) dengan latar belakang pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa program pendidikan yang dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris telah sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja.

Pada Tracer Study untuk pengguna lulusan, Ada beberapa aspek yang menjadi acuan dan penilaian pengguna lulusan untuk dapat dijadikan rujukan pengembangan dan masukan bagi program studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Etika

Pada Gambar di atas ini menunjukkan penilaian pengguna lulusan terhadap aspek etika yang dimiliki lulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Mayoritas pengguna lulusan menilai bahwa lulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki performa yang sangat baik (49.60%) dalam aspek etika, dapat dikatakan bahwa pengguna lulusan puas dengan kinerja lulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam aspek etika.

Keahlian Bidang Ilmu

Penilaian pengguna lulusan terhadap aspek keahlian pada bidang ilmu (kompetensi utama) yang dimiliki lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dapat dilihat pada Gambar dibawah ini. Menurut pengguna lulusan, lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki performa yang baik (44,76%), bahkan sangat baik (43,95%) dalam aspek keahlian pada bidang ilmu. Pada aspek ini dapat dikatakan bahwa pengguna lulusan puas pada kinerja lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam aspek keahlian pada bidang ilmu.

Kemampuan Bekerja Tim

Penilaian pengguna lulusan terhadap aspek kemampuan bekerja dalam tim yang dimiliki lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dapat dilihat pada Gambar dibawah ini. Menurut pengguna lulusan, lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki performa yang sangat baik (54,84%) dalam aspek kerjasama. Pada aspek ini 3.63% pengguna lulusan yang memberikan penilaian kurang sehingga dapat dikatakan bahwa pengguna lulusan puas pada kinerja lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam aspek kemampuan bekerja dalam tim.

Kemampuan Berbahasa Asing

Pada Gambar dibawah ini menunjukkan skor penilaian aspek kemampuan berbahasa asing yang dimiliki lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Sebagian besar pengguna lulusan menilai bahwa lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki kemampuan berbahasa asing yang sangat baik (43,15%). dapat dikatakan bahwa pengguna lulusan puas pada kinerja lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Kemampuan Teknologi Informasi

Penilaian pengguna lulusan terhadap lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pada aspek penggunaan teknologi informasi ditampilkan pada Gambar dibawah ini. Menurut pengguna lulusan, lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki performa yang sangat baik (52,42%) dan performa baik (40,32%) dalam aspek penggunaan teknologi informasi.

Upaya Pengembangan Diri

Pada gambar dibawah ini menunjukkan penilaian pengguna lulusan terhadap aspek upaya pengembangan diri yang dimiliki lulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Mayoritas pengguna lulusan menilai bahwa lulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki performa yang sangat baik (41.13%) dalam aspek upaya pengembangan diri.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil dan analisis data, tracer study lulusan dan pengguna lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar pada tahun akademik 2018/2019 dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Total response rate tracer study tahun 2018-2019 Persentase jumlah lulusan yang terlacak 248 (87%) dari 286 lulusan dan 38 (13%) lulusan yang tidak merespon.
  2. Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki kualitas unggul dan daya serap tinggi, dibuktikan dengan 50,4 % lulusan mendapatkan pekerjaan dan mayoritas lulusan bekerja pada bidang yang sesuai dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki. Yaitu bekerja sebagai tenaga pendidik.
  3. Sebanyak 125 lulusan bekerja sebagai Guru/Tutor/Pendidik orang atau 50.4 % dan48 lulusan atau 19,4 % responden saat ini telah bekerja sebagai staf/karyawan, sebanyak 14 lulusan melanjutkan studi sedangkan sisanya sebanyak 47 (19.0%) menyatakan belum bekerja, dan belum memungkinkan untuk bekerja dengan alasan mengurus rumah tangga dan alasan lainnya.
  4. Mayoritas pengguna lulusan menilai bahwa lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki performa yang baik bahkan sangat baik pada aspek penguasaan Bahasa asing, Penggunaan teknologi informasi, etika, keahlian pada bidang ilmu (kompetensi utama), kemampuan berkomunikasi, kerjasama, dan pengembangan diri.