Pada Gambar di atas ini menunjukkan waktu tunggu lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris untuk mendapatkan pekerjaan. Hasil tracer study menunjukkan bahwa sebagian besar 84 Lulusan lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mendapatkan pekerjaan dalam waktu kurang dari 3 bulan. Hal ini mengindikasikan bahwa lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki kualitas unggul dan memiliki daya serap tinggi.
Hasil tracer study tentang tingkat kesesuaian bidang kerja lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Mayoritas lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menyatakan bahwa bidang pekerjaan mereka memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi (50,4%) dengan latar belakang pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa program pendidikan yang dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris telah sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja.
Pada Tracer Study untuk pengguna lulusan, Ada beberapa aspek yang menjadi acuan dan penilaian pengguna lulusan untuk dapat dijadikan rujukan pengembangan dan masukan bagi program studi Pendidikan Bahasa Inggris.
Pada Gambar di atas ini menunjukkan penilaian pengguna lulusan terhadap aspek etika yang dimiliki lulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Mayoritas pengguna lulusan menilai bahwa lulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki performa yang sangat baik (49.60%) dalam aspek etika, dapat dikatakan bahwa pengguna lulusan puas dengan kinerja lulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam aspek etika.
Penilaian pengguna lulusan terhadap aspek keahlian pada bidang ilmu (kompetensi utama) yang dimiliki lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dapat dilihat pada Gambar dibawah ini. Menurut pengguna lulusan, lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki performa yang baik (44,76%), bahkan sangat baik (43,95%) dalam aspek keahlian pada bidang ilmu. Pada aspek ini dapat dikatakan bahwa pengguna lulusan puas pada kinerja lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam aspek keahlian pada bidang ilmu.
Penilaian pengguna lulusan terhadap aspek kemampuan bekerja dalam tim yang dimiliki lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dapat dilihat pada Gambar dibawah ini. Menurut pengguna lulusan, lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki performa yang sangat baik (54,84%) dalam aspek kerjasama. Pada aspek ini 3.63% pengguna lulusan yang memberikan penilaian kurang sehingga dapat dikatakan bahwa pengguna lulusan puas pada kinerja lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam aspek kemampuan bekerja dalam tim.
Pada Gambar dibawah ini menunjukkan skor penilaian aspek kemampuan berbahasa asing yang dimiliki lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Sebagian besar pengguna lulusan menilai bahwa lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki kemampuan berbahasa asing yang sangat baik (43,15%). dapat dikatakan bahwa pengguna lulusan puas pada kinerja lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
Penilaian pengguna lulusan terhadap lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pada aspek penggunaan teknologi informasi ditampilkan pada Gambar dibawah ini. Menurut pengguna lulusan, lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki performa yang sangat baik (52,42%) dan performa baik (40,32%) dalam aspek penggunaan teknologi informasi.
Pada gambar dibawah ini menunjukkan penilaian pengguna lulusan terhadap aspek upaya pengembangan diri yang dimiliki lulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Mayoritas pengguna lulusan menilai bahwa lulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki performa yang sangat baik (41.13%) dalam aspek upaya pengembangan diri.
Berdasarkan hasil dan analisis data, tracer study lulusan dan pengguna lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar pada tahun akademik 2018/2019 dapat disimpulkan sebagai berikut: