Populasi dalam kajian ini adalah Alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar tahun akademik 2017/2018. Jumlah alumni pada tahun akademik tersebut berjumlah 285 alumni. Dan yang terlacak oleh trecer study berjumlah 236 alumni. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online dan kemudian data disajikan dalam bentuk tabel dan diagram
Pada diagram di atas terdapat 93 alumni yang telah mendapatkan pekerjaan kurang dari 3 bulan. Terdapat 67 alumni mendapatkan pekerjaan di waktu kurang dari
sama dengan 3 bulan hingga 6 bulan. Dan 2 alumni yang mendapatkan pekerjaan diatas 12 bulan.
Hasil tracer study tentang tingkat kesesuaian bidang kerja alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ditampilkan pada Gambar diagram dibawah. Mayoritas lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menyatakan bahwa bidang pekerjaan mereka memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi (58.1%) dengan latar belakang pendidikan yakni menjadi seorang pendidik. 8.1% sedang melanjutkan studi. Dan yang jenis perkerjaannya
menjadi karyawan atau staf 15.3%. Hal ini menunjukkan bahwa program pendidikan yang dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris telah sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja.
Pada gambar dibawah menunjukkan penilaian pengguna alumni terhadap aspek etika yang dimiliki lulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Mayoritas pengguna lulusan menilai bahwa lulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki performa yang sangat baik (53.39%) dalam aspek etika
Penilaian pengguna alumni terhadap aspek kompetensi utama yang dimiliki alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dapat dilihat pada Gambar dibawah ini Menurut pengguna lulusan, lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki performa yang baik (35,17%).
Penilaian pengguna alumni terhadap aspek kemampuan bekerja dalam tim yang dimiliki Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dapat dilihat pada Gambar dibawah ini. Menurut pengguna alumni, alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki performa yang sangat baik (41,10%) dalam aspek kerjasama. Pada aspek ini tidak ada pengguna alumni yang memberikan penilaian kurang sehingga dapat dikatakan bahwa pengguna lulusan puas pada kinerja lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam aspek kemampuan bekerja dalam tim
Gambar dibawah ini menunjukkan skor penilaian aspek kemampuan berbahasa asing yang dimiliki alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Sebagian besar pengguna alumni menilai bahwa alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki kemampuan berbahasa asing yang sangat baik (45,76%). dapat dikatakan bahwa pengguna alumni puas pada kinerja alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
Pada gambar dibawah ini menunjukkan penilaian pengguna alumni terhadap aspek kemampuan berkomunikasi yang dimiliki alumni Program Studi
Pendidikan Bahasa Inggris. Mayoritas pengguna alumni menilai bahwa lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki kemampuan berkomunikasi yang sangat baik (50.00%). Dapat dikatakan bahwa pengguna lulusan puas pada kinerja lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam aspek kemampuan berkomunikasi.
Penilaian pengguna alumni terhadap alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pada aspek penggunaan teknologi informasi ditampilkan pada Gambar dibawah ini. Menurut pengguna alumni, alumniProgram Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki performa yang sangat baik (39,83%) dan performa baik (41,95%) dalam aspek penggunaan teknologi informasi.
Pada gambar dibawah ini menunjukkan penilaian pengguna alumni terhadap aspek upaya pengembangan diri yang dimiliki alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Mayoritas pengguna alumni menilai bahwa alumni di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki performa yang sangat baik (56.18%) dalam aspek upaya pengembangan diri.