Kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam mencapai visi keilmuan program studi . Mahasiswa selain berperan sebagai input, mereka juga adalah stakeholder yang memanfaatkan jasa program studi. Oleh karena itu, kepuasan mahasiswa menjadi penting dalam konsep pelayanan. Pada saat ini, kualitas program studi terhadap mahasiswa dipandang sebagai salah satu alat untuk mencapai keunggulan kompetitif program studi. Apabila kualitas pelayanan buruk dan kepuasan mahasiswa terhadap perfoma mengajar dosen kurang memuaskan, maka dalam jangka panjang daya saing program studi akan melemah dan sulit berkembang. Namun, pelayanan berkualitas oleh bukan pekerjaan mudah karena melibatkan banyak aspek seperti pola penyelenggaraan (tata laksana), dukungan sumber daya manusia, dan kelembagaan yang jelas.
GKM Program Studi sebagai supporting unit selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa. Pelayanan yang diberikan oleh Program studi antyara lain yaitu Kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen, Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik, Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran. Survey tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan terhadap performa mengajar dosen ini dilakukan untuk menjaring tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan oleh Biro Administrasi Akademik. Hasil survey ini akan menjadi masukan bagi perbaikan maupun peningkatan kualitas pelayanan Program Studi selanjutnya.
Kuesioner Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen, Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik dan Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran bertujuan untuk menilai kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh GKM Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Makassar Selain itu, survey ini juga sebagai bagian dari monitoring dan evaluasi untuk perbaikan pelayanan selanjutnya.
Pada aspek kejelasan materi perkuliahan diberikan dosen menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan terdapat (0,7%), cukup memuaskan (8,2%) memuaskan (39,5%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (51,6%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria sangat memuaskan
Pada aspek Waktu yang disediakan untuk diskusi dan tanya jawab menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,7 %) cukup memuaskan (4,6%) memuaskan (53,3%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (41,4%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pada aspek Bahan ajar suplemen (handout, modul, dll) yang diberikan kepada mahasiswa untuk melengkapi materi perkuliahan menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (1%) cukup memuaskan (9,5%) memuaskan (48,4%) sedangkan sangat memuaskan terdapat 41,1%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pada aspek Dosen datang tepat waktu menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (0,7) tidak memuaskan (0,7%) cukup memuaskan (15%) memuaskan (43,1%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (43,4%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Pada aspek Dosen datang tepat waktu menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,3) cukup memuaskan (7,2%) memuaskan (55,6%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (36,8%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pada aspek Dosen obyektif terhadap pemberian nilai menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (1,3%) cukup memuaskan (7,2%) memuaskan (51%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (40,8%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pada aspek Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (1,6%) cukup memuaskan (6,3%) memuaskan (50%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (42,1%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pada aspek Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,7%) cukup memuaskan (8,9%) memuaskan (49,3%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (41,1%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Pada aspek Kesesuaian nilai yang diberikan dengan hasil belajar menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (0,3%) tidak memuaskan (0,7%) cukup memuaskan (7,9%) memuaskan (57,9%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (33,2%). Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pada aspek Kualitas layanan staf akademik Prodi Pendidikan Bahasa Inggris untuk memenuhi kepentingan mahasiswa menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,3%) cukup memuaskan (4,6%) memuaskan (37,5%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (56,6% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria sangat memuaskan
Pada aspek Kualitas layanan staf akademik Prodi Pendidikan Bahasa Inggris untuk memenuhi kepentingan mahasiswa menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (0,3) tidak memuaskan (0,3) cukup memuaskan (6,3%) memuaskan (46,7%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (46,4%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pada aspek Staf PS administrasi akademik santun dalam memberikan pelayanan untuk memenuhi kepentingan mahasiswa menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria cukup memuaskan (5,6%) memuaskan (48%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (46,4% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pada aspek Kemampuan staf Prodi Pendidikan Bahasa Inggris akademik untuk melayani administrasi kemahasiswaan menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,3%) cukup memuaskan (5,3%) memuaskan (47,7%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (46,4%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pada aspek Kepedulian Staff PS dalam memahami kepentingan dan kesulitan mahasiswa menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,3%) cukup memuaskan (5,6%) memuaskan (46,4%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (47,7% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pada aspek Asistensi staff PS terhadap publikasi ilmiah menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,7%) cukup memuaskan (8,9%) memuaskan (49,3%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (41,1%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pada aspek Asistensi pelayanan staff PS tentang informasi akademik kemahasiswaan menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria tidak memuaskan (0,3%) cukup memuaskan (6,6%) memuaskan (42,4%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (50,7% Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria sangat memuaskan
Pada aspek Laboratorium yang relevan dengan kebutuhan keilmuan bagi mahasiswa bahasa, komputer dan lain-lain) menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (0,3) tidak memuaskan (0,7%) cukup memuaskan (9,9%) memuaskan (46,7%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (42,4% ) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan.
Pada aspek Di setiap ruang kelas tersedia LCD menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (0,7) tidak memuaskan (5,9%) cukup memuaskan (17,4%) memuaskan (48,7%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (27,3%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pada aspek Ruang kelas memadai dan nyaman untuk proses belajar mengajar menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (1,6%) tidak memuaskan (2,3%) cukup memuaskan (10,2%) memuaskan (55,3%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (30,6%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pada aspek Tersedia ruangan yang nyaman untuk ruang kerja dosen dalam melayani mahasiswa (PA dan bimbingan skripsi) menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (0,3%) tidak memuaskan (0,3) cukup memuaskan (8,9%) memuaskan (49,7%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (40,8%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pada aspek Ketersediaan layanan Wifi yang bisa diakses menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (1,6) tidak memuaskan (3,0%) cukup memuaskan (14,1%) memuaskan (47,4%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (33,9%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pada aspek Tersedia perpustakaan mini yang memadai dengan koleksi pustaka yang representatif menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (0,7) tidak memuaskan (1,6%) cukup memuaskan (15,8%) memuaskan (43,8%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (38,2%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria memuaskan
Pada aspek Fasilitas ibadah yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa menunjukkan bahwa persentasi pada kriteria sangat tidak memuaskan (0,3%) tidak memuaskan (0,7%) cukup memuaskan (3,0%) memuaskan (29,3,0%) sedangkan sangat memuaskan terdapat (66,8%) Berdasarkan data pada persentase diatas nilai perentase tertinggi yaitu pada kriteria sangat memuaskan.
Berdasarkan hasil survey tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan Kepuasan mahasiswa terhadap performa mengajar dosen, Kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik dan Kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran memuaskan. Meskipun demikian, perlu dilakukan evaluasi kinerja untuk melakukan perbaikan dan peningkatan yaitu ketepatan dan kecepatan dalam pelayanan, penyampaian informasi yang akurat, akses informasi yang mudah, serta kelengkapan fasilitas ruang kelas. Dengan adanya evaluasi dan perbaikan maka diharapkan dapat memberikan tingkat kepuasan yang lebih baik lagi. Nilai persentase tingkat kepuasan yang dihasilkan pada survey ini telah sesuai standar. Dengan demikian, merekomendasikan kepada Program Studi untuk lebih meningkatkan pelayanan prima kepada 3 aspek layanan kepuasan mahasiswa tersebut.