The 3rd Research Academy

Program studi pendidikan bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar melakukan inisiasi kegiatan akademik berbasis penelitian khusus pada mahasiswa yang dipersiapkan untuk penyelesaian tugas akhir. Kegiatan ini dilatar belakangi oleh nawacita peningkatan kualitas dan kapasitas mahasiswa prodi pendidikan bahasa Inggris, di dalam menghadirkan penelitian-penelitian yang lebih bermanfaat kepada dunia pendidikan dan masyarakat pada umumnya.

Tugas akhir mahasiswa diharapkan mampu menjadi skripsi yang berkualitas dengan segala keabsahan data dan langkah dalam penyusunannya. Para dosen pembimbing akan lebih mudah dalam menyelaraskan arahan dan mengurangi kebuntuan mahasiswa terhadap gagasan penelitian yang dibangun. Melalui kegiatan Research Academy menjadi langkah solutif kepada semua pihak dalam memberikan hasil-hasil penelitian yang bernilai kemajuan.

 

Research Academy dijadikan sebagai wadah bagi seluruh mahasiswa prodi pendidikan bahasa Inggris yang sedang dan akan menyusun tugas akhir berupa skripsi. Mahasiswa berkumpul dalam sebuah training dan tuntas menyelesaikan kegiatan hingga akhir. Program dirancang dengan proporsional, profesional dan berluaran jelas.

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki jumlah mahasiswa tingkat akhir dengan dominasi angkatan 2018 dan 2019 saat ini. Sebagai langkah untuk memaksimalkan masa studi mahasiswa, maka dianggap perlu untuk mengatur mekanisme pengajuan, pembekalan materi dan pengetahuan penelitian.  Demi kelancaran pembimbingan dan penulisan tugas akhir (skripsi), sangat penting diberikan kegiatan akademik berupa akademi ilmu penelitian dalam rangkaian kegiatan research academy.

Kegiatan ini melibatkan dosen pembimbing tugas akhir pada program studi pendidikan bahasa Inggris dan pakar penelitian di lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unismuh Makassar yang tergabung dalam Research Group. Kegiatan ini diharapkan menghasilkan gagasan penelitian dalam bentuk tugas akhir mahasiswa yang bermutu dan siap publikasi ke jurnal nasional bahkan jurnal internasional bereputasi.

Prodi pendidikan bahasa Inggris bermaksud menjamin kualitas karya ilmiah mahasiswa, dimana akan tersebar ke generasi akademik selanjutnya. Sehingga kualitas dan kebaruan ilmu pengetahuan bahasa Inggris dapat terbentuk dengan baik.

  1. Classroom Action Research: Types, Data Collection, Data Analysis
  2. Quantitative research methods: Types, Data Collection, Data Analysis, Instruments
  3. Qualitative research methods: Types, Data Collection, Data Analysis, Instruments
  4. Publications: Manuscripts, Mendeley, Plagiarism Checker: Turnitin
  5. Research Ideas and Constructing Thesis Title
  6. Research policy and documents of Department

Prosedur Registrasi

Mahasiswa melakukan registrasi dengan mengikuti prosedur di bawah ini:

  1. Kegiatan tidak dipungut biaya
  2. Pendaftaran hanya dapat dilakukan dengan menggunakan email institusi
  3. Mengisi form pendaftaran pada tautan ini: https://forms.gle/xLKfo56bu1KGQhv79

Luaran (output)

  1. Mendalami metodologi penelitian baik kuantitatif, kualitatif
  2. Mendalami teknik analisis data
  3. Mendalami teknik sitasi dan reference manager (Mendeley)
  4. Mendalami penelitian tindakan
  5. Mendalami teknik penulisan artikel ilmiah
  6. Mendalami strategi publikasi ilmiah pada jurnal ilmiah nasional (ber-ISSN)

Other Services