International Guest Lecture: Best Practices in Teaching and Learning at Uzbek Universities

Globalisasi telah membuat dunia menjadi semakin saling terhubung. Hal ini membuka peluang bagi berbagai pihak untuk bekerja sama dan bertukar informasi. Perkembangan dunia yang semakin global menuntut adanya kerja sama antar negara, termasuk dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kebutuhan untuk meningkatkan daya saing, menjadikan International collaboration dapat membantu meningkatkan daya saing institusi atau organisasi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kebutuhan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dapat membantu institusi untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang budaya, peradaban, dan ilmu pengetahuan dari negara lain.

International collaboration ini dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dengan menghadirkan tenaga pengajar, atau dengan melakukan kerja sama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan institusi pendidikan di luar negeri. International collaboration dapat membantu meningkatkan kualitas penelitian dengan berkolaborasi dengan peneliti dari luar negeri, atau dengan memanfaatkan fasilitas penelitian yang ada di luar negeri. International collaboration dapat membantu meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat dengan berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan organisasi atau lembaga di luar negeri.

Kerjasama Tri Dharma dan Catur Dharma telah lama terjalin dengan Universitas Muhammadiyah Parepare, Universitas Muhammadiyah Enrekang, Universitas Kristen Indonesia Toraja dan tentunya dengan kampus luar negeri yaitu Samarkand State Institute of Foreign Languages, Uzbekistan. Kolaborasi ini akan menjadi inisiasi kerjasama kembali dengan beberapa kampus di Sulawesi Selatan, Indonesia dengan kampus yang berada di antara daratan Asia Tengah dan Eropa dengan harapan ekspansi program akademik internasional.

Universitas Muhammadiyah Enrekang (Unimen)

  1. Kerjasama dan program ini dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dengan menghadirkan tenaga pengajar asing, atau dengan melakukan kerja sama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan kampus dalam dan luar negeri.
  2. Kerjasama dan program ini dapat membantu meningkatkan kualitas penelitian dengan berkolaborasi dengan peneliti dari kampus luar negeri, atau dengan memanfaatkan fasilitas penelitian yang ada di kampus dalam dan luar negeri.
  3. Kerjasama dan program ini dapat membantu meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat dengan berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan kampus dalam dan luar negeri. d. Kerjasama dan program ini dapat membantu pesertanya untuk meningkatkan pemahaman tentang budaya dan peradaban dari negara lain.
  4. Program kerja sama penelitian memungkinkan peneliti dari perguruan tinggi yang berbeda untuk bekerja sama dalam proyek penelitian yang sama baik dalam dan luar negeri
  5. Selain tujuan-tujuan tersebut, kerjasama dan program internasionalisasi juga dapat membantu perguruan tinggi untuk: meningkatkan daya saing, meningkatkan reputasi, membangun jejaring kerja, meningkatkan pemahaman tentang budaya dan peradaban.

Universitas Kristen Indonesia Toraja

Universitas Muhammadiyah Pare-Pare

  1. Terciptanya implementasi program kerjasama internasional dan inisiasi kolaborasi lanjutan antara perguruan tinggi di Indonesia dan Uzbekistan, khususnya kampus-kampus yang telah berkontribusi pada program ini
  2. Terbentuknya Kelompok peneliti dan pengabdian masyarakat tingkat nasional dan internasional
  3. Terbentuknya luaran penelitian dan pengabdian bersama yang berlevel internasional, baik berupa Book Chapter, Proceedings, dan Jurnal ilmiah bereputasi
  4. Terdokumentasinya sumber-sumber kerjasama dari luar negeri, baik berupa dokumen akademik maupun pendanaan yang berasal dari luar negeri
  5. Bertambahnya wawasan global khususnya sistem pendidikan tinggi di negara-negara wilayah Asia Tengah-Eropa

Other Services

  • Diskusi ke-BIPA-an

    Dalam rangka menyemarakkan Bulan Bahasa dan Sastra Tahun, Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan melaksanakan Diskusi ke-BIPA-an dengan tema “Membincang BIPA, Menduniakan Bahasa Indonesia”.

  • Sosialisasi Beasiswa Eropa

    Kuliah Master di Eropa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris bekerjasama dengan Naresy International Education Consultant dan Unit Kerjasama dan Publikasi Internasional, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar. Sosialisasi ini