Kurikulum MBKM & OBE
Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FKIP Unismuh Makassar di desain sesuai dengan visi keilmuan dan tujuan PS yang telah dirancang sebelumnya. Review kurikulum dilaksanakan setiap 5 tahun sekali oleh PS dan di laksanakan review Rencana Pembelajaran Semester (RPS) setiap tahun untuk menjamin keterlaksanaan kurikulum sesuai dengan tuntutan zaman. Pelibatan Stakeholder dalam penyusunan kurikulum PS dipertimbangkan untuk perancangan kurikulum yang lebih baik dalam mendukung era Society 5.0. Kurikulum PS juga telah disesuaikan dengan Kebijakan Pemerintah tentang Kurikulum Merdeka tahun 2020, dimana arah dan pelaksanaan berorientasi pada Outcome based Education (OBE). Kurikulum yang dirancang telah direview oleh LP2AI (Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional). Untuk Pelaksanaan Kurikulum di lingkup Program studi Pendidikan Bahasa Inggris telah dilakukan secara konsisten oleh dosen dan mahasiswa.
[Lihat Selengkapnya]
Capaian Pembelajaran Lulusan
No | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | |
1 | Sikap | |
S1 S2 S3 S4 S5 S6 S7 S8 S9 S10 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. | |
2 | Keterampilan Umum | |
KU1 KU2 KU3 KU4 KU5 KU6 KU7 KU8 KU9 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | |
3 | Keterampilan Khusus | |
KK1 KK2 KK3 KK4 KK5 KK6 KK7 KK8 KK9 | Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post intermediate; Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara dengan intermediate; Mampu mengadaptasi/budaya pemakai bahasa sasaran yang positif ke dalam budaya bahasa ibu; Merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi, pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu; Mampu menerapkan metode dan proses belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes); Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif; Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah mutu, relevansi, atau akses pembelajaran Bahasa Inggris serta menyajikan beberapa alternatif solusi sebagai bahan pengambilan keputusan; Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran; mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk membantu perkembangan mutu pendidikan. Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan. | |
4 | Pengetahuan | |
P1 P2 P3 P4 P5 P6 P7 P8 P9 | Menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan umum (general English) dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate; Menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes); dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat intermediate; Menguasai konsep teoritis tentang kesastraan, literasi, serta pembelajaran bahasa; Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi; Menguasai prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan; Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi program pembelajaran Bahasa Inggris yang mendidik. Menguasai Metodologi Penelitian yang relevan untuk pembelajaran Bahasa. Menguasai teori dasar dan Manajemen kewirausahaan. Menguasai konsep dan Teknik penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. |
5.3 Matrik Hubungan CPL dengan Profil Lulusan
Tabel 3. Matrik hubungan Profil & CPL Prodi
CPL Prodi | PL1 | PL2 | PL3 | PL4 | |
Sikap | |||||
S1 | Bertakwa kepada tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius | √ | √ | √ | √ |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika | √ | √ | √ | √ |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila | √ | √ | √ | √ |
S4 | Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa | √ | √ | √ | √ |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain | √ | √ | √ | √ |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan | √ | √ | √ | √ |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara | √ | √ | √ | √ |
S8 | Menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik | √ | √ | √ | √ |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri | √ | √ | √ | √ |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan | √ | √ | √ | √ |
Keterampilan Umum | |||||
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian | √ | √ | √ | √ |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur | √ | √ | √ | √ |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan ilmu humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | √ | √ | √ | √ |
KU4 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi | √ | √ | √ | √ |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data | √ | √ | √ | √ |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya | √ | √ | √ | √ |
KU7 | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya | √ | √ | √ | √ |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan | √ | √ | √ | √ |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi | √ | √ | √ | √ |
Keterampilan Khusus | |||||
KK1 | Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post intermediate; | √ | √ | ||
KK2 | Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan pada minimal satu bidang Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes) setara dengan intermediate; | √ | √ | ||
KK3 | Mampu mengadaptasi/budaya pemakai bahasa sasaran yang positif ke dalam budaya bahasa ibu; | √ | |||
KK4 | Merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi, pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses belajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu; | √ | √ | √ | √ |
KK5 | Mampu menerapkan metode dan proses belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes); | √ | √ | √ | √ |
KK6 | Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif; | √ | √ | √ | √ |
KK7 | Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah mutu, relevansi, atau akses pembelajaran Bahasa Inggris serta menyajikan beberapa alternatif solusi sebagai bahan pengambilan keputusan; | √ | √ | √ | |
KK8 | Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran; mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk membantu perkembangan mutu pendidikan. | √ | √ | √ | |
KK9 | Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan. | √ | √ | √ | |
Pengetahuan | |||||
P1 | Menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan umum (general English) dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat post-intermediate; | √ | √ | ||
P2 | Menguasai konsep teoritis kebahasaan dan teknik berkomunikasi lisan dan tulisan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for specific purposes); dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan setara tingkat intermediate; | √ | √ | ||
P3 | Menguasai konsep teoritis tentang kesastraan, literasi, serta pembelajaran bahasa; | √ | √ | ||
P4 | Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi; | √ | √ | √ | |
P5 | Menguasai prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan; | √ | √ | √ | |
P6 | Menguasai konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi program pembelajaran Bahasa Inggris yang mendidik. | √ | √ | √ | |
P7 | Menguasai Metodologi Penelitian yang relevan untuk pembelajaran bahasa | √ | √ | √ | |
P8 | Menguasai teori dasar dan Manajemen kewirausahaan | √ | |||
P9 | Menguasai konsep dan Teknik penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. | √ | √ | √ | √ |